Psychology is Us: Pemahaman Diri Mahasiswa Baru Psikologi 2015

 Liputan Terkini

Dekan Membuka Kegiatan OPAK Maba Psikologi 2015

PsychoNews – Seperti ungkapan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” mungkin pepatah ini tepat untuk melatarbelakangi terlaksananya kegiatan orientasi pengenalan akademik Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang (21-22/08). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 245 mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang 2015. Pada rangkaian kegiatan itu para mahasiswa baru dibagi dalam 25 kelompok yang dinamai dengan istilah tokoh psikologi terkemuka, kemudian setiap peserta diminta untuk merangkum biografi terkait tokoh yang menjadi nama kelompoknya. Kegiatan yang mengambil tema “Psychology is Us” ini ditutup pada sabtu petang (22/08) di halaman Gedung Megawati Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang dengan simbolis pelepasan balon harapan bertuliskan cita-cita atau mimpi para mahasiswa baru. Kegiatan ini berlangsung meriah dan dengan semangat kekeluargaan yang di desain sebaik mungkin untuk menyambut kedatangan para anggota keluarga baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang.

Tidak ada lagi senioritas yang dapat menimbulkan perploncoan pada mahasiswa baru, atau adegan saling bentak dan saling marah antar senior dan junior ala sinetron atau film televisi di layar kaca. OPAK Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang tahun ini justru memberikan sentuhan berbeda dalam pelaksanaannya, yakni mengusung “Opak Fakultas yang kreatif” dimana setiap kegiatan didalamnya memiliki makna dan dampak positif pada mahasiswa baru. Salah satu contohnya mahasiswa baru diwajibkan untuk membuat tas kreatif dengan memanfaatkan kaos bekas, diminta untuk membuat video “This is Us” untuk menunjukkan identitas kelompok atau bakat mereka, juga disediakannya panggung bebas dimana setiap kelompok dapat tampil bersama kelompoknya selama 10 menit. Pada setiap kegiatan tersebut akan dipilih pemenangnya yang kemudian akan mendapat reward dari panitia atas kreativitas dan bakat yang telah mereka tampilkan.

Tema “Psychology is Us” dalam kegiatan OPAK Fakultas Psikologi 2015 UIN Maliki Malang dimaksudkan untuk mengajak mahasiswa baru untuk memaknai psikologi sebagai bagian dari mereka baik sekarang, besok atau yang akan datang, serta menumbuhkan kecintaan akan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang yang sudah menjadi rumah baru bagi meraka. Pada kegiatan ini juga ditegaskan status mereka yang bukan lagi seorang siswa namun sudah menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang yang dituntut untuk menjadi calon sarjana psikologi yang serba bisa. Kegiatan ini bertambah semarak dengan dihadirkannya motivator mumpuni dari Perusahaan Training Sukses Mulia yaitu Bapak Iwan untuk menambah motivasi berprestasi para mahasiswa baru.

Kegiatan diakhiri dengan pengenalaan komunitas, Lembaga Semi Otonom (LSO) dan DEMA F-Psikologi UIN Maliki Malang. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan aktivitas yang telah dilakukan dan prestasi yang telah diperoleh komunitas, LSO dan Dema Fakultas Psikologi kepada para mahasiswa baru. Sebagai bagian termuda dari keluarga besar sivitas akademika Fakultas Psikologi Uin Maliki Malang, mahasiswa baru dijadikan sasaran dan prioritas dalam upaya peningkatan kualitas karya dan prestasi serta pengembangan kegiatan Fakultas Psikologi. (Red. Ms)

Reportase : Wahyu Riska Elsa Pratiwi
Editor          : Subhanallah Ramadhan

Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: