Kembangkan Passion: Raih Juara III Lomba Essay di Universitas Lambung Mangkurat

10700492_301402550066021_3961307581670338294_o
Ruslan: Mahasiswa Psikologi UIN Maliki Malang Pemenang Lomba Essay di UNLAM

PsychoNews – Seringkali kita melihat seseorang melakukan sesuatu dengan senang, gembira dan bersemangat. Mereka mengerjakan dengan fokus dan enjoy. Begitulah yang dilakukan oleh Ruslan semester 6 Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Mahasiswa berdarah Madura ini memilih untuk menjadikan menulis tidak hanya sekedar aktivitas yang wajib ia lakukan selaku akademisi, namun sebagai passion dalam menjalani hidupnya. Apa sih passion itu? Passion dimaknai sebagai perasaan atau emosi terhadap suatu hal yang membuat seseorang sangat berantusias dalam melakukannya. Seseorang yang memiliki passion terhadap suatu bidang maka ia akan mempunyai daya tahan yang lebih untuk dapat mendalami dan mengejar prestasi dalam bidang tersebut. Sehingga dengan passion tersebut semua tantangan dan rintangan, sesulit apapun itu, akan dihadapi bahkan tidak dianggap sebagai rintangan.

Menulis bagi anak Sumenep ini menjadi suatu candu, yang mempunyai kenikmatan tersendiri serta begitu memotivasinya untuk bisa mengukir prestasi di kancah akademis. Sejak tingkat MA ia sudah sering menulis dan menjuarai beberapa lomba menulis diantaranya Juara 2 menulis artikel nasional di Bogor saat kelas XI MA.

Tulisannya juga pernah dimuat di Forum Muda Kompas saat kelas X MA dan masih banyak lagi prestasi lainnya. Sadar akan bakat dan passion yang dimiliki, ia pun mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan passionnya tersebut yaitu Lembaga Kajian Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LKP2M). Salah satu pembuktian passion yang ia miliki ialah keberhasilannya dalam memenangkan Juara III lomba essay yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat yang bertemakan Psikologi Forensik.

Saat diwawancarai ia menyatakan “Saya mengikuti lomba essay ini karena saya senang dan tertarik dengan tema lomba essaynya. Sebenarnya saya ingin fokus di Psikologi Industri. Namun, saya melihat dan mengamati bagaimana fenomena kasus begal yang terjadi di Indonesia ini sebagai sesuatu yang menarik, akhirnya saya mengirimkan tulisan ini”. Essay yang ditulisnya diharapkan mampu untuk memberikan pemahaman pada pembaca bahwasannya remaja yang terlibat kasus begal juga memiliki kesempatan akan masa depan yang baik dan mampu untuk memperbaiki diri. Terdapat pula tindakan yang perlu diambil untuk pencegahan dan penanganannya, sehingga secara psikologis hal ini dapat ditangani. (Red. Ms)

Reportase: Wahyu Riska Elsa Pratiwi

[button href=”http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Kembangkan-Passion-Raih-Juara-III-Lomba-Essay-di-Universitas-Lambung-Mangkurat.pdf” rounded=”” size=”btn-mini” style=”red” target=”_blank”]Simpan Artikel[/button]

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan