Sanggar CUMAPEKA Ajak Mega Putih Terlibat Kegiatan Wisata Cendikia

Tim Mega Putih UIN Malang
Semangat: Siswa TK Muslimat Al Hidayat diarahkan oleh Tim Mega Putih Membuat Bercak Lukisan Tangan

PsychoNews – Lembaga Semi Otonom (LSO) Mega Putih Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang semakin dipercaya, setelah sukses melakukan berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus. Kini LSO Mega Putih (sebutan khas tim Out Bound) sukses berkolaborasi dengan Sanggar Cumapeka (Cendekiawan Pemerhati Pendidikan) sabtu (25/04). Acara yang bertajuk Wisata Cendikia dikhususkan kepada para anak usia dini PAUD PKK Berseri kelurahan Jatirejoyoso, Kepanjen yang merupakan tempat binaan dari Sanggar Cumapeka. Sanggar non-profit buatan Eyang Wiwik yang mempunyai semboyan “Ayo main bersama, senangkan hati, menata rasa, tajamkan nalar dalam asuhan Cumapeka” menggelar acara ini agar bisa berbagai kebahagiaan dan keceriaan kepada anak-anak tersebut tersebut.

Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, diantaranya, UM Mengajar, UB Mengajar, dan UIN Malang Mengajar. Hal ini menjadi kesempatan bagi LSO Mega Putih untuk mengembangkan jejaring baru di wilayah pendidikan. Kegiatan ini juga terdiri dari banyak sub-acara misalnya kegiatan laskar kebersihan (bersih desa) dan lukis tempat sampah untuk mengajarkan pentingnya arti kebersihan bagi mereka serta menemukenali kreativitas anak sejak usia dini. Beberapa tempat sampah yang ada juga akan ditanami oleh bibit tanaman (cabe, kangkung, dll) sebagai follow up kegiatan kebun impian LSO Mega Putih dan Cumapeka ke depan.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB berjalan sangat seru dan mengasyikkan. LSO Mega Putih bertanggung jawab dalam acara outbound dan Senam. Kegiatan Outbound yang diadakan Mega Putih dinilai begitu menarik dan mampu memperkaya wawasan kognitif anak. Salah satunya adalah kegiatan berburu harta karun yang memiliki makna, agar kelak sang anak diharapkan mampu mengenal arah mata angin, lambang, akhlak, dan berhitung secara sederhana.

Direktur Mega Putih periode 2015, Faizal Ramadhan, menyampaikan kebahagiaannya ketika mengikuti acara tersebut “Rasa capek hilang semua setelah melihat anak-anak tersebut begitu semangat dalam mengikuti aktivitas yang sudah dirancang dalam kegiatan wisata cendekia tersebut”. Ia juga begitu senang karena mendapatkan relasi baru yang memiliki visi yang serupa yaitu memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan. Harapannya ke depan ialah bisa terus belajar bersama, tidak ada yang merasa menggurui dan juga digurui dan bisa terus berbagi ilmu kepada anak-anak.

Dalam kegiatan yang diadakan secara berkelanjutan ini, LSO Mega Putih dan Cumapeka menunjukkan eksistensi diri mereka dalam kehidupan. Inputnya mereka mendapatkan kebahagiaan yang tidak dapat terukur oleh materi. Dengan mereka berbagi, mereka merasa bahagia, bahagia atas aktualisasi diri mereka. Saat itulah mereka merasa diri mereka ada. (Red.SR/Rur)

Reportase: Wahyu Riska Elsa Pratiwi

>>Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan