Kelas Inspirasi IC-Pro Komunitas Baru Psikologi UIN Maliki

ICPro Komunitas psikologi
Buyung: Mahasiswa Psikologi UIN Maliki Selaku Mentor Kelas Inspirasi IC-Pro Psikologi UIN Maliki

PsychoNews – Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali melahirkan komunitas baru dengan sebutan IC-Pro atau kepanjangan dari Inspiration Class Programs. Komunitas yang digagas oleh Dr. Mahpur, wakil dekan III Bidang Kemahasiswaan ini diresmikan sejak 28 Februari 2015. Komunitas yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru fakultas psikologi ini diketuai oleh Laily Lolita, mahasiswi semester VIII. Komunitas IC-Pro didirikan karena begitu banyak potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa yang kurang terasah, “Komunitas ini dibuat untuk mewadahi kreativitas dan potensi-potensi mahasiswa baru dan harapan nantinya, mereka dapat menginspirasi orang-orang di sekitarnya” kata Lolita.

Sejak dibuka pendaftaran, komunitas baru ini mendapat respon yang sangat positif dari mahasiswa baru fakultas psikologi. Tak kurang dari 87 mahasiswa baru fakultas psikologi mendaftarkan dirinya. “Waktu dibuka pendaftaran, 87 mahasiswa baru aktif mendaftarkan dirinya,” ungkap Lolita, ketua IC Pro. Demi menjaga kualitas anggota, komunitas IC Pro mengadakan seleksi yang cukup ketat. Seleksi tersebut meliputi: Seleksi administrasi, psikotes, hingga wawancara. Dari 87 mahasiswa baru yang mendaftar, hanya 40 mahasiswa yang mendapat kesempatan bergabung dengan komunitas ini. “Dari 87 mahasiswa baru yang lolos administrasi, mereka harus menjalankan psikotes dan diambil 60 mahasiswa, kemudian dari 60 mahasiswa itu dites lagi, tes wawancara, dan diambil 40 orang,” jelas Lolita.

Berbeda dengan kelas inspirasi yang lain, kelas inspirasi di Fakultas Psikologi ini mengagendakan berbagai kegiatan yang berbau psikologi, seperti hypnosis, psycho dress up, relationship, dan lain-lain. “Nantinya anggota komunitas ini akan diajari berbagai materi seperti hypnosis, psycho dress up, relationship, dan lain-lain,” kata Lolita. Agenda pada komunitas ini bersifat berkelanjutkan, maka dari itu komunitas ini khusus diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang masih memiliki banyak waktu untuk mengaktualisasikan dirinya. “Komunitas ini diperuntukkan bagi maba karena agenda komunitas ini berkelanjutan. Harapannya nanti anggota IC-pro dapat menginspirasi orang-orang di sekitarnya dengan potensi yang mereka miliki,” lanjut Lolita.

Ketua komunitas IC Pro, Lolita, menyebutkan bahwa nantinya para anggota akan diberi berbegai materi yang berbeda tiap minggunya. “Setiap hari Sabtu mereka akan dibekali materi yang berbeda, misalnya minggu ini hypnosis, minggu depan psycho dress up, dan seterusnya,” ungkap Lolita. Setelah semua materi diberikan, kedepannya nanti mereka akan dikelompokkan berdasarkan minat mereka masing-masing. “Kalau semua materi sudah didapat, mereka di kelompokkan sesuai dengan minat masing-masing. Yang suka hypnosis dikelompokkan dengan yang suka hypnosis juga, dan sebagainya” lanjut Lolita. (Red. Nj/Ms)

Reportase: Setyani Alfinuha

>> Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan