Cerita Dibalik Pengalaman Magang Konsentrasi Psikologi Industri

 Psikologi Komunikasi
Test psikologi

Gambar ilustrasi diunduh di google.com : Suasana psikotest di PT. Intrias Mandiri Sejati

Belajar dan belajar maka dengan belajar akan dapat banyak pengalaman yang didapat. Bukan hanya duduk di bangku kuliah tetapi perlu untuk mengeksplorasi kemampuan di luar kampus dengan mengembangkan kreatifitas yang banyak di manfaatkan. Salah satunya dengan magang, dalam ilmu perkuliahan “Magang” merupakan sebuah aplikasi dari teori yang diperoleh di bangku kuliah, yang di salurkan melalui bentuk kerja nyata dari sebuah bidang. Pada kesempatan kali ini saya mencoba belajar lebih tentang ilmu yang saya geluti yaitu Psikologi dan kali ini lebih spesifik di bidang Psikologi Industri. Bertempat di PT. Intrias Mandiri Sejati yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Training, Recruitment, dan Human Resources Management yang melayani client dari berbagai bidang, mulai perbankan, asuransi dan telekomunikasi.

Magang yang saya geluti selama 1 bulan mulai dari 22 Desember – 22 Januari 2015 di dampingi dengan teman Psikologi juga Annisa Priliyandani Putri, memperoleh banyak sekali pengalaman yang tak terlupkan. Salah satu kesan yang cukup terkenang adalah belajar psikotest, mulai dari belajar beberapa alat test hingga langsung berinteraksi dan interview langsung dengan testee (client) yang melamar di perbankan. Saat itu perusahaan mengadakan psikotes kepada client pada pukul 10.00 WIB kami diminta untuk memberikan roleplay karena harus melakukan assesment pada client dengan 6 alat test yang berbeda. Kami dituntut harus professional menguasai semua alatnya sedangkan yang kami kuasai hanya 1 alat Test yang sudah di pelajari, seperti test kreaplin.

Mengetahui gerak-gerik kami yang masih baru, pihak perusahan menyarankan untuk saat itu, kami hanya di suruh melihat cara penyampaian dan komunikasi yang interaktif. Kemudian untuk hari berikutnya kamilah yang memegang kendali psikotes dari keseluruhan alat test. Itulah pengalaman yang istimewa yang tidak di dapat di kuliah, di tempat magang banyak dapat bimbingan dan juga pelajaran tentang manajemen kerja, cara mengatasi stress di tempat kerja, banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan sesuai dengan waktu, interaksi dengan orang baru, besosialisasi dengan orang lain, membina suasana, fokus dengan pekerjaan, saling bertukar pendapat, membina hubungan baik dengan klient, dan menghargai sebuah proses. Banyak hal yang bisa diperoleh di bangku kuliah saat bekerja, ketika kita di kelas mampu berinteraksi dengan baik dan terbuka maka dalam dunia pekerjaan pun kita akan lebih mudah menguasai ilmu dengan menerapkanya.

Penulis: Selly Candra Ayu

>>Simpan Artikel

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: