Mahasiswi Psikologi Turut Ramaikan Pemilihan Duta Hijab Malang

Duta Hijab Malang Jawa Pos 2015
Peserta Fashion Show Duta Hijab Radar Malang Jawa Pos 2015 Berjalan di Hadapan Juri dan Penonton

PsychoNews – Pameran Expo Haji dan Umroh terbesar di Kota Malang yang digelar pada tanggal 25 Februari – 1 Maret 2015 di grand hall Mall Olympic Garden (MOG), mampu menghipnotis perhatian para pengunjung juga seluruh tamu undangan. Hampir ribuan pengunjung memadati grand hall MOG lantai satu. Tak kalah menarik, acara yang sudah memasuki tahun ketiga ini juga dihadiri oleh pejabat penting di kota Malang, diantaranya; M. Anton, selaku Wali Kota, Dewi Faridah Suryani, ketua TP PKK, Kurniawan Muhammad, Direktur Jawa Pos Radar Malang, dan masih banyak tokoh penting lainnya.

Pameran yang terdiri atas beragam stand agen perjalanan ke Tanah Suci yang memudahkan masyarakat kota Malang untuk mengurus hal-hal terkait rencana umrah/haji ditanggapi positif oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari repotnya para agen perjalanan dalam melayani para pengunjung stand yang tidak pernah sepi sejak hari pertama hingga hari terakhir. Pada hari terakhir (01/2), acara yang disponsori oleh beragam media partner seperti Jawa Pos Radar Malang ini dimeriahkan oleh penampilan juara 1 hingga 3 Lomba Festival al-Banjari, fashion show dari para talent untuk memperkenalkan perancang busana dari para kontestan Duta Hijab 2015, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah ajang pemilihan Duta Hijab 2015.

Setelah melalui proses seleksi wawancara dan karantina dinyatakan ada 30 finalis yang lolos dalam ajang pemilihan Duta Hijab 2015. Kita turut berbangga dengan adanya ajang ini, pasalnya di antara finalis tersebut terdapat dua mahasiswa psikologi, Eka dan Sophie. “Alasan saya mengikuti kompetisi ini untuk melatih keberaniaan di khalayak ramai dan membuktikan bahwa mahasiswa berhijab mampu untuk menjadi trendcenter bagi dunia fashion“, tutur Eka mahasiswa semester enam fakultas psikologi UIN Maliki. Hal yang sama juga disampaikan oleh Sophie dalam penuturan motivasi mengikuti Duta Hijab 2015 di hadapan para juri. Namun disayangkan, pasalnya Eka dan Sophie tidak lolos dalam sepuluh besar finalis pada babak kedua. Meski demikian, Eka dan Sophie sudah cukup membanggakan bagi civitas akademika fakultas psikologi.

Tak kalah menarik, acara pemilihan Duta Hijab 2015 juga dihadiri oleh jawara Duta Hijab 2014, Tiara Ulfa Yanuesti dan Runner-Up Duta Hijab 2013, Fadhilah. “Ikon Duta Hijab tidak hanya dinilai dari segi fisik namun dari segi akhlaq, cara mmbaca al-qur’an dan dapat mlaksanakan amanah serta tanggung jawab”, seru Fadhilah dalam sambutannya. ”Ini membuktikan ajang Duta Hijab sudah menjadi salah satu ajang yang bergengsi dan menghadirkan regenerasi yang cakap dalam hal moral”, sambungnya. Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya, Mahkota Duta Hijab 2015 berhasil diraih oleh Rosalia Sandra Julien, mahasiswi Ilmu Komunikasi Univresitas Brawijaya (UB).

Keikutsertaan mahasiswi psikologi dalam ajang pemilihan Duta Hijab 2015 ini mendiskripsikan betapa baik efikasi diri yang ditampilkan Eka dan Sophie. Efikasi diri menurut Bandura dapat dinyatakan sebagai “poeple’s judgments of their capabilities to organize and execute courses of action required to attain designated types of performances”. Artinya, efikasi diri merupakan keyakinan seseorang bahwa dia dapat menjalankan suatu tugas yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Efikasi diri merupakan konsep yang diturunkan dari Teori Kognitif Sosial (Social-Cognitive Theory) yang digagas oleh Albert Bandura. Hal ini juga mengindikasikan bahwa perilaku manusia merupakan hasil dari belajar sosial atau belajar dari lingkungannya.

Dalam kaitannya dengan ajang yang diikuti oleh Eka dan Sophie, menunjukkan bahwa mereka memiliki efikasi diri yang baik. Meskipun tak terpilih sepuluh besar, Eka dan Shopie telah membuktikan kepada segenap sivitas bahwa keyakinan dan kemampuannya untuk membawa nama Psikologi UIN Maliki telah mencapai prestasi yang membanggakan. (Red. Sa/Ms)

Reportase: Wahyu Riska Elsa Pratiwi

>>Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan