Menulis itu Bukan Membagi Waktu, Tapi Meluangkan Waktu

 Suara Mahasiswa
Photojurnalist UIN Maliki

David Widodo – Memaparkan Materi Tentang Photojurnalist Untuk Peserta Magang Reporter Angkatan ke-2

PsychoNews – Tradisi gemar menulis kembali disuarakan di Home Theater Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Melalui Magang Reporter dan Photojournalis pihak Fakultas membekali materi jurnalistik kepada calon repoter angkatan ke-2 yang akan bertugas di lingkungan Fakultas Psikologi. Agenda yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. M. Lutfi Mustofa, M.Ag ini dihadiri lebih dari 20 mahasiswa. Tujuh mahasiswa merupakan peserta magang reporter dan photojournalist terpilih dari hasil seleksi, sementara sisanya adalah mahasiswa tamu dari Universitas Islam Raden Rahmad Kepanjen. Pembekalan magang jurnalistik yang dilaksanakan pada selasa (24/2) ini dimulai dengan penyampaian sejarah magang reporter di lingkup Fakultas, kemudian dilanjutkan dengan materi Kepenulisan Jurnalistik oleh Angga Teguh Prasetyo selaku narasumber dari Koran Pendidikan.

“Menulis itu bukan membagi waktu, tapi meluangkan waktu.” Ujar Angga. Sebuah ulasan sederhana dari narasumber Angga yang intinya, menulis adalah hal yang amat sederhana, namun hanya sedikit orang yang melakukannya. Sesibuk apapun kita, jika kita menyediakan waktu walaupun hanya lima menit, ide-ide luar biasa itu akan terkumpul dengan sendirinya ketika kita meluangkan lima menit selanjutnya, selanjutnya, dan selanjutnya untuk menyimpan imajinasi kita dengan menulis. Sekali lagi ia menegaskan bahwa jika ingin menjadi penulis yang baik maka menulislah tanpa syarat, tidak peduli dimanapun dan kapanpun, di atas selembar kertas, di laptop, yang penting jangan lewatkan kesempatan untuk menuai imajinasi.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. Moh. Mahpur, M.Si Wakil Dekan III “Masa sekarang ini bukan masa dimana kamu hidup dengan IPK-mu (Indeks Prestasi Komulatif), tapi dengan kreativitasmu”. Kreativitas itu tidak terbatas, setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya, baik dalam bidang seni lukis, menulis ataupun yang lain. Kreativitas bisa dikembangkan dengan berbagai cara, tergantung pada bakat dan minat kita.

Pengembangan kreativitas dalam dunia tulis menulis, khususnya di bidang jurnalistik ini mendapat banyak dukungan dari dosen Fakultas Psikologi UIN Maliki. Ke-tujuh peserta magang reporter terpilih ini dilatih untuk bisa menulis dengan baik. Kendati tidak hanya sekedar bisa menulis, akan tetapi juga mampu menyampaikan apa yang kita tulis, sehingga orang yang membaca bisa menelaah pesan yang disampikan dengan hanya membaca apa yang kita tulis.

Magang jurnalistik di fakultas psikologi ini diharapkan tetap terhubung dengan nilai kritis yang mampu menopang berita di fakultas psikologi. Pembekalan yang berlangsung selama 2 hari ini mendapat antusias yang luar biasa dari peserta magang maupun tamu undangan yang hadir. Antusias itu terlihat saat mereka memperhatikan narasumber yang menyampaikan materi. Jiwa-jiwa yang haus akan ilmu kepenulisan terlihat aktif untuk mengantongi wawasan yang disampaikan oleh orang-orang yang luar biasa tersebut. (Red. Fn/Ms)

Reportase: Faatihatul Ghaybiyyah

>>Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: