Mata Kuliah Award Jadi Ajang Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Psikologi

 Suara Mahasiswa

Media psikologi

PsychoNews – Rangkaian agenda Psycho Fun Day 2014 DEMA Fakultas Psikologi Mata Kuliah Award pada Sabtu (06/12) yang digelar di Rektorat lantai 5 kemarin menuai banyak apresiasi dari segenap pimpinan sivitas. Pasalnya, penghargaan mata kuliah award yang merupakan salah satu dari program kerja kementrian pendidikan DEMA ini terbilang unik dan langka di UIN Maliki. Mahasiswa yang berkontribusi di tuntut untuk lebih kreatif dalam menampilkan desain matakuliah yang akan disajikan, seperti penggunaan media visual berupa video, desain pelatihan dan poster.

Menurut panitia yang dikonfirmasi, penilaian media yang disajikan harus menjelaskan materi psikologis secara praktis dan informatif. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam event ini tidak lain untuk mengembangkan skill mahasiswa dalam mengerjakan tugas mata kuliah psikologi. Mahasiswa tidak hanya mampu memahami teori yang tertulis, akan tetapi juga mampu mengejawantahkan dalam bentuk media yang dipahami oleh orang lain.

Dengan munculnya kreativitas media pembelajaran yang dibuat, setidaknya mahasiswa dapat berkreasi dengan bebas namun tetap sesuai dengan konteks tema mata kuliah yang dipelajari di bangku perkuliahan. Selain itu, dosen pengampu mata kuliah juga di tuntut agar lebih inovatif dalam mengembangkan metode pembelajarannya, yang tidak hanya sekaedar membuat makalah dan power point untuk presentasi semata, akan tetapi dengan metode lain yang membuat mahasiswa lebih aktif dan mudah dalam penguasaan materi.

Dalam event Psycho Fun Day 2014 tersebut juga disampaikan deretan beberapa nama mahasiswa yang menjadi pemenang dalam kategori Mata Kuliah Award yang paling kreatif, diantaranya adalah:

  1. Angkatan (2011) Maylana Dimantoro “Pelatihan OCB” Dosen Pengampu Yusuf Ratu Agung, M.Si
  2. Angkatan (2011) A’yun Helmawati, dkk “Peningkatan Kesadaran Pendidikan Peserta PKH” Dosen Pembimbing Fina Hidyati, MA dan Dr. A. Khudari Soleh, M.Ag
  3. Angkatan (2011) Wahyu Aris Cahyono “Psikologi Abnormal” Dosen Pengampu Pengampu Tristiadi Ardi Ardani, M.Si
  4. Angkatan (2011) Badiatul Husna “Bimbingan Konseling” Dosen Pengampu Mualifah, MA
  5. Angkatan (2013) Fauziyah Nur Hidayah (2013) “Antropologi” Dosen Pengampu Akhmad Mukhlis, MA
  6. Angkatan (2013) Cucu Nenti “Perkembangan Vygotsky” Dosen Pengampu Rika Fuaturosyidah, MA
  7. Angkatan (2013) Kurnia Yasmin “Antropologi” Dosen Pengampu Akhmad Mukhlis, MA
  8. Angkatan (2013) Randy Febrianata, dkk “Kelompok Kesadaran” Dosen Pengampu Yusuf Ratu Agung, MA
  9. Angkatan (2013) Slamet, dkk “Kelompok Belajar” Dosen Pengampu Yusuf Ratu Agung, MA
  10. Angkatan (2013) Iffatul Fitriyah “Psikologi Perkembangan” Dosen Pengampu Rika Fuaturosyidah, MA

Itulah beberapa nama – nama mahasiswa yang termasuk masuk dalam kategori penilaian yang baik, dan penguasaan dalam materinya juga dinilai baik oleh tim. (Red. Ms)

Reportase: Selly Candra Ayu

>>Simpan berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: