Psikologi Gandeng Bank Bukopin dan Lembaga Pendidikan

Picture1Malang, FPsi Press – Stadium General yang di gelar Fakultas Psikologi “Menumbuhkembangkan Kreativitas dengan Psikologi Cerita” membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Sekitar 500 peserta memadati gedung Ir. Soekarno pada Sabtu, 21 September 2013 kemarin. Prediksi ini diluar dari dugaan panitia, “awalnya kami hanya mentargetkan peserta, sekitar 300 – 400 mahasiswa yang hadir, karena hal ini juga bertepatan dengan hari libur dampak dari sistem lima hari kerja. Namun, tidak disangka peserta yang hadir melebihi kapasitas yang disiapkan panitia”.

Berbeda dari konsep stadium general yang diselenggarakan pada semeseter ini. Panitia dan seluruh jajaran sivitas menghendaki tema yang di usung pada event ini lebih fresh dan populer terkait keilmuan Psikologi. Melalui cerita yang syarat dengan makna dan mampu menyentuh aspek psikologis individu, diharapkan mahasiswa psikologi memahami pentingnya pengembangan kreativitas bagi diri sendiri. Menurut pemaparan narasumber Rudy Cahyono, M.Psi Chief Creative Officer (CCO) di indonesia bercerita, dalam risetnya McClelland mengumpulkan 1300 cerita rakyat dari berbagai negara (1925-1950). Hasilnya menunjukkan bahwa cerita anak yang mengandung nilai achievement (n-Ach) yang tinggi di suatu negera akan diikuti pertumbuhan yang tinggi di negeri itu dalam 25 tahun kemudian.

Stadium General juga turut dihadiri oleh sejumlah petinggi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, antara lain; Prof. Dr. Mudjia Raharjo selaku Rektor, Dekan Fakultas Ekonomi dan Para dosen Fakultas Psikologi. Acara lebih semarak ketika diawali dengan penandatanganan kontrak kerjasama antara Fakultas Psikologi UIN Maualana Malik Ibrahim dengan Bank Bukopin dan Madrasah Aliyah Darul Karomah Singosari Malang.

Picture2

Kesepakatan bersama yang dibangun antara Fakultas Psikologi dan Bank Bukopin lebih diarahkan untuk pengembangan kegiatan mahasiswa dan penunjang akademik mahasiswa fakultas psikologi. Sedangkan kerjasama yang dibangun antara MA Darul Karomah dengan Fakultas lebih di fokuskan pada pengembangan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa yang selama ini telah terjalin. Perluasan kerjasama antara Fakultas dengan pihak-pihak luar yang menunjang kegiatan akademik akan terus dilakukan, karena hal ini juga menyangkut perkembangan Fakultas sendiri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang turut serta mengantarkan UIN Maliki Malang mewujudkan kampus yang diperhitungkan di dunia internasional.

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.