LSO OASIS Bentuk Konselor Profesional Islami

LSO Oasis

PsychoNews – Setelah sebelumnya LSO Mega Putih dan Komando melaksanakan TOT, kali ini giliran LSO Oasis yang mengadakan TOT (Training Out Trainer) bagi para calon anggotanya. Acara yang berlangsung dua hari (9-10/10) ini di adakan di ruang sidang lantai 1 Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Mengusung tema “Membentuk Konselor Profesional dan Berjiwa Islami”, LSO ini ingin menjadikan kekuatan konselor untuk merambah ke dunia pendidikan, yaitu siswa SMP dan SMA yang membutuhkan konselor bagi peningkatan prestasinya. “Kita akan terus berkembang menjadikan para anggota layaknya konselor yang profesional”, Ujar Ummu Rifatin selaku direktur LSO Peer Konseling Oasis.

Follow up dari acara ini selanjutnya ialah one day conselling, dimana calon anggota OASIS ini akan di bagi beberapa kelompok yang nantinya akan terjun langsung ke sekolah-sekolah seperti SMP dan SMA. Para calon anggota tersebut nantinya akan terjun langsung dengan memberikan konseling kepada para siswa-siswi sekolah tersebut.

Acara yang berlangsung dua hari ini mengulas sejarah terbentuknya OASIS dan simulasi awal. Dilanjutkan dengan materi yang terbagi menjadi 3 sesi, pertama diisi oleh Zamroni, S. Psi dengan materi Konseling Islam secara Praktis. Materi ke dua Problematika Klien yang di sampaikan Miftahus Surur, S.Psi, sedangkan yang terakhir ialah Konseling dasar dan teknik konseling oleh Mualifah, MA.

Mengutip dari materi yang disampaikan bahwa manusia merupakan tempat salah dan lupa. Wajar saja jika kita merasa bersalah. Tetapi kesalahan itu bisa dihapus ketika kita membuka diri dan mau mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi. Sesungguhnya manusia selalu mempunyai pilihan untuk menyelesaikan apappun masalahnya selama dia mampu untuk membuka diri, mengakui apa yang telah dia perbuat dimasa sebelumnya. (Red.dcp)

Reportase: Fauzanin Nuryakin

>>Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan