DEMA dan Komunitas Psikologi Meriahkan HARGANAS Dengan Buka Konseling Gratis

 Liputan Terkini

HARGANAS Kota Malang

PsychoNews – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang tepatnya pada tanggal 14 September 2014 bersama jajaran Komunitas turut serta memeriahkan kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional atau yang lebih akrab di sebut dengan HARGANAS. Peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke- XXI di selenggarakan oleh BKKBN kota Malang dengan konsep lebih meriah di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Diawali dari stadion Kanjuruhan Malang, BKKBN menyelenggarakan senam dan jalan sehat bersama untuk seluruh masyarakat Malang dengan harapan agar massa turut andil memeriahkan Hari Keluarga Nasional. Tema yang di usung pada tahun ini adalah “Melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera”. Acara ini juga di hadiri oleh para petinggi pemerintahan kota Malang seperti; Rendra Kresna (Bupati kota Malang), Dwi Listyowardani (Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur) dan beberapa pejabat lain, baik dari BKKBN maupun dari Pemerintah Kabupaten Malang.

Ide tema yang di gagas memiliki tujuan agar seluruh masyarakat Indonesia ini tergugah akan pentingnya peran seorang Ibu rumah tangga dalam membentuk dan meningkatkan kualitas keluarganya. Seperti yang diketahui bersama bahwa keluarga adalah bagian dari roda pengegrak atau unit terkecil dari sebuah Negara, jika bagian dari unit keluarga berkualitas sudah paten akan menjadikan kehidupan bermasyarakat yang berkualitas dan tentunya dapat mewujudkan Negara Indonesia ini lebih sejahtera.

Kegiatan yang berlangsung di kantor BKKBN jalan Trunojoyo No 10 Kepanjen Malang ini juga menyediakan ruangan untuk berkonsultasi “Gratis” untuk para masyarakat yang hadir. Dalam hal inilah pihak BKKBN bekerjasama dengan jajaran Fakutas Psikologi UIN Maliki Malang untuk berpartisipasi dengan membuka konsultasi gratis kepada masayarakat Malang. Peserta yang berkesempatan menjadi delegasi dari Fakultas Psikologi diantaranya adalah komuitas KOMANDO, LSO. Peer Counseling OASIS, Komunitas Wirausaha Mahasiswa (KWM yang di isi oleh Butik Baju Malang), LSO Out bound Mega Putih dan LSO Tahfidz. Di kantor BKKBN Kota Malang tersedia tujuh ruangan, dimana mahasiswa psikologi mendapat bagian untuk menempati lima ruangan, ruangan tersebut diantaranya, Ruang Konseling Keluarga, Ruang Penampilan Data, Ruang Perpus, Ruang Display Bina Balita, dan Ruang Curhat Remaja. Hal lain yang cukup menarik dalam peringatan ini juga di bagikan alat kontrasepsi untuk pasangan suami istri dengan cuma-cuma.

Keikutsertaan mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki ini merupakan bentuk partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan di luar kampus, terlebih dalam hal sosial kemasyaraktan. Bentuk kerja sama yang terjalin baik antara Fakultas dangan BKKBN kota Malang dapat menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa fakultas psikologi, khususnya sebagai wadah dalam mengasah kemampuan (skill) dan praktik konseling dengan masyarakat. Di akhir acara HARGANAS ke-XXI ini juga diselingi oleh peresmian Pusat Informasi Konseling BKKBN Kabupaten Malang oleh Dr. H. Sudibyo Alimoeso, MA (Deputi KSPK BKKBN). Dalam pidatonya beliau menyampaiakan “ saya merasa sangat terkesan dengan kemeriahan peringatan Hari Keluarga di Malang yang ke-XXI karena memiliki konsep yang berbeda dibandingkan dengan peringatan-peringatan di daerah lain” Ujarnya. (Red.Ms)

Kontributor: Naila Alfin Najah

>> Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: