Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Menghadapi Ujian

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Menghadapi Ujian

Salah satu lembaga formal yang ada di Indonesia dibentuk sebagai alat untuk menyelenggarakan pendidikan adalah sekolah. Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hampir sama dengan pendidikan di Sekolah Menengah Akhir (SMA), perbedaannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) siswa selain dibimbing untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, juga dibimbing untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesuai dengan bidangnya.

Pada bidang akademik, setiap akhir pembelajaran baik itu akhir pembelajaran tiap topik bahasan maupun tiap pergantian semester serta peningkatan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan dilakukan suatu ujian. Ujian tersebut merupakan suatu alat yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses belajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar dapat dilihat dari hasil penilaian belajar yang dilakukan oleh pendidik.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas (Wibowo, 2012:1).

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa Kelas XI PM SMKN Pasirian saat proses belajar mengajar terlihat bahwa ada beberapa siswa yang saling bertanya satu sama lain mengenai jawaban dari ujian mata pelajaran yang diberikan serta saat peneliti melakukan penelitian dengan membagikan koesioner penelitian, beberapa siswa yang saling bertanya jawaban dari tiap pernyataan yang harusnya diisi sesuai dengan kondisi masing–masing siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih belum ada kesiapan dari siswa untuk menghadapi ujian yang sudah semakin dekat. Karena siswa belum menguasai sepenuhnya materi yang diujikan, sehingga keberhasilan siswa dalam proses belajar sangat dipengaruhi oleh kesiapan yang dilakukan oleh siswa untuk mengikuti ujian. Ketika siswa dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian yang ada di sekolah, maka diperkirakan bahwa siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik (Haris, 2013:2).

Hasil belajar yang akan dicapai siswa dapat dilihat dari pencapaian tujuan belajar dimana siswa mampu memahami dan menerapkan materi pelajaran dalam ujian. Pencapaian hasil belajar ini menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses belajar (Haris, 2013:2). Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesiapan menghadapi ujian dan faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi kesiapan menghadapi ujian pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN Pasirian.

Peneliti: Vika Nurfatonah

>> Simpan full paper

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan