Kebermaknaan Hidup Istri Yang Di Tinggal Suami Sebagai TKI

Kebermaknaan Hidup Istri Yang Di Tinggal Suami Sebagai TKI

Hidup bermakna adalah corak kehidupan yang menyenangkan, penuh semangat, dan gairah hidup serta jauh dari rasa cemas dan hampa dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi sebagai akibat terpenuhinya nilai-nilai dan tujuan hidup yang positif dan benar-benar di dambakan. Kehidupan bermakna di tandai dengan hubungan antar pribadi yang saling menghormati dan saling menyayangi, kegiatan-kegiatan yang disukai dan menghasilkan karya-karya bermanfaat, serta kemampuan mengatasi berbagai kendala dan menganggap kendala itu bukan sebagai masalah melainkan sebagai tantangan dan peluang. Pribadi dengan kehidupan bermakna memiliki tujuan hidup yang jelas sebagai pedoman dan arahan kegiatan-kegiatan yang semuanya dilandasi dengan rasa keimanan yang baik. Ia pun memiliki rasa humor yang baik yaitu mampu melihat secara humoristis pengalaman-pengalaman sendiri termasuk pengalaman hidupnya yang tragis.

Seiring dengan kemajuan teknologi di Indonesia dan lapangan pekerjaan yang sedikit maka biaya hidup seseorang adalah masalah terbesar yang sedang di hadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong seseorang untuk mengubah hidupnya dengan cara menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) bagi mereka itu adalah jalan terbaik untuk mendapatkan penghasilan yang banyak dibandingkan dengan hanya bekerja di negara sendiri. istilah tenaga kerja Indonesia (TKI) adalah sebutan untuk warga negara Indonesia yang bekerja di beberapa negara tetangga dalam jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Tenaga kerja Indonesia sering di sebut dengan pahlawan devisa karena dalam setahun bisa menghasilkan devisa 60 triliyun rupiah hal ini yang mendorong Indonesia terus mengeksplor tenaga kerja untuk di kirim ke beberapa negara.

Menurut M. Jumhur hidayat kepala badan nasional penempatan danperlindungan tenagakerja Indonesia (BNP2TKI) Di Indonesia sendiri tenagakerja yang bekerjadiluarnegerisetidaknyaberjumlah 6,5 juta yang tersebar di 142 negara.di sisi lain Hal tersebut tentunya menjadikan hubungan suami istri tidak harmonis karena intensitas untuk bertemu sangat sedikit atau hampir tidak bertemu dalam kurun waktu tertentu yang pastinya membuat seorang istri memaknai kebermaknaan hidup tanpa suami menjadi berbeda.

Dalam beberapa kasus yang di peroleh dari wawancara awal tidak jarang seorang istri ingin melakukan selingkuh dengan orang lain yang lebih bisa memberikan waktu luang untuk sekedar bercerita. Menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi kedua tahun 1991 selingkuh adalah tidak berterus terang, tidak jujur, dan suka menyembunyikan sesuatu dari pasangannya hal ini didukung Dalam sebuah riset yang dilakukan psikolog drigotas SM dan koleganya pada tahun 1999, selingkuh di sebut sebagai dating infedelity istilah ini mengacu pada adanya perasan bahwa pasangan telah melanggar norma dalam suatu hubungan yang berkaitan dengan interaksi terhadap orang lain.

Seorang istri yang di tinggal suaminya bekerja sebagai TKI akan membentuk makna hidup yang berbeda di bandingkan seorang istri yang setiap saat bisa bertemu dengan suaminya misalnya seorang istri akan lebih putus asa dalam menghadapi hidup karena kurangnya pemberian motivasi dari orang terdekat yakni seorang suami. Mengembangkan kehidupan bermakna pada hakikatnya sama dengan perjuangan hidup yakni meningkatkan kondisi kehidupan yang kurang baik menjadi lebih baik, dalam hal ini mengubah kondisi hidup dan penghayatan tak bermakna menjadi bermakna. Upaya ini memerlukan niat dan komitmen yang kuat serta pemahaman mendalam tentang potensi manusia, makna hidup dan penguasaan sistem dan metodenya, serta kesediaan untuk menghadapi berbagai kendala dan hambatan dalam melaksanakannya. Tentu saja usaha ini membutuhkan dukungan dari lingkungan terdekat yaitu keluarga. Menurut teori logoterapi kerangka pikir pengembangan hidup bermakna pada dasarnya sebagai berikut: hasrat untuk hidup bermakna (The Will to meaning) sebagai motivasi utama setiap manusia perlu dipenuhi dengan lebih dahulu menetapkan makna hidup (The meaning of life) yang akan dikembangkan serta memiliki Citra diri ideal sebagai pribadi bermakna yang unik dan khas (proper self image) yang ingin di raih. Bila hal ini berhasil di penuhi melalui kegiatan-kegiatan yang terarah di harapkan akan berkembang hidup yang bermakna (The meaningful life) dengan kebahagiaan (happiness) sebagai hasil sampinganny.

Peneliti: Putri Agustiansari

>>Simpan full paper

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan