Kecerdasan Spiritual Anak Punk Di Kabupaten Malang

 Rilis Skripsi

Kecerdasan Spiritual Anak Punk Di Kabupaten Malang

Pada dasarnya setiap negara mempunyai kebudayaan yang beragam serta memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Namun dengan seiring berkembangnya zaman, banyak kebudayaan luar negeri yang masuk di Indonesia. Sehingga sering banyak bermunculan kelompok-kelompok sosial di dalam masyarakat. Terdapat sebuah kelompok sosial dengan dandanan yang khas biasa disebut dengan komunitas punk. Komunitas punk juga identik dengan kekerasan (anarkis). Dengan gaya hidup yang seperti itu membuat anak punk merasa mendapatkan kebebasan. Karena perilaku anak punk sekarang yang lebih mengarah ke premanisme, sehingga menyebabkan masyarakat umum memandang kurang baik kepada anak punk. Karena kegiatan komunitas punk yang lebih mengarah kedalam hal negatif sehingga bisa disimpulkan bahwa komunitas punk jarang melakukan hal positif yang dapat dikaitkan dengan perilaku kecerdasan spiritual seseorang.

Menurut Danah (2002; 4) kecerdasan Spiritual (SQ) adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya. Dalam makna lain SQ merupakan kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. SQ adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Bahkan SQ merupakan kecerdasan tertinggi manusia.

Hakikatnya kecerdasan spiritual tidak selalu berhubungan dengan agama. Bagi sebagian orang, kecerdasan spiritual mungkin menemukan cara pengungkapan melalui agama formal, tetapi dengan beragama yang baik tidak menjamin mempunyai kecerdasan spiritual yang tinggi. Banyak orang humanis dan ateis memiliki kecerdasan spiritual yang sangat tinggi, sebaliknya banyak orang yang aktif beragama mempunyai kecerdasan spiritual yang sangat rendah.

Peneliti: Prianggi Amelasasih

>>Simpan full paper

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: