Reaching Dreams by Psychology, Meriahnya Orientasi Fakultas Psikologi

 Psikologi Populer

selfie psikologi

Tahun ajaran 2014-2015 sudah dimulai. Seluruh elemen kampus telah kembali beraktifitas. Tentu saja, mahasiswa baru tak luput dari kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik Kampus yang tidak hanya diselenggarakan dalam lingkup universitas, tapi juga di lingkup fakultas dan tiap-tiap jurusan. Begitu pula dengan para mahasiswa baru Fakultas Psikologi. Masa orientasi ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut bertempat di halaman depan gedung B (21-23/08). Mengusung tema “The Best Way To Reach Our Dream Is Psychology”, Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi yang juga sebagai penyelenggara kegiatan berharap agar para mahasiswa baru bisa semakin bersemangat untuk mengejar mimpi mereka dengan mengenal lingkungan fakultasnya. Agenda tersebut memberikan informasi-informasi mengenai Fakultas Psikologi, antara lain menyangkut visi-misi Fakultas, pimpinan, pengurus, kelembagaan dan organisasi, berbagai macam kegiatan, hingga seminar motivasi. Walaupun peserta tak lepas dari penugasan-penugasan yang diberikan oleh panitia, namun mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara.

Beberapa penugasan yang diberikan merupakan tugas-tugas yang membangun dan mengasah kemampuan mahasiswa untuk menjadi pelajar yang aktif dan kreatif. Misalnya, membuat tas dari baju dan di pakai selama masa orientasi berlangsung, membuat scrap book yang berisi cerita tentang perjalanan hidup hingga masuk Fakultas Psikologi, sejarah singkat Psikologi dan sejarah singkat tentang tokoh yang telah di tetapkan dalam setiap kelompoknya, juga membuat properti lambang tulisan “psych” dan beberapa property lainnya. Di samping itu, mereka dihimbau untuk memberi komentar tentang psikologi melalui media sosial, juga membuat video yang menceritakan tentang psikologi yang kemudian di-upload di media youtube. “Semua kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang membangun kreativitas mahasiswa untuk dapat berfikir dan dapat mengasah kemampuan di luar potensi akademiknya,” ungkap Ainun, salah satu panitia.

Dalam agenda yang berlangsung selama tiga hari itu, banyak sekali materi yang disampaikan yang sangat bermanfaat dengan mengundang beberapa tokoh fakultas, antara lain: Dr. M. Lutfi Mustofa selaku dekan Fakultas Psikologi beserta jajaran dekanat Fakultas menyampaikan materi pengetahuan umum mengenai Fakultas Psikologi, materi Dinamika kemahasiswaan disampaikan oleh Bapak Zuhairi Misrawi, seminar Motivasi oleh Brilian Yatanega, materi mengenai Psikologi disuguhkan oleh para alumni Fakultas Psikologi UIN MALIKI Malang yang telah berpengalaman di bidang Psikologi Sosial, Pendidikan, Industri dan Klinis. Selain itu pengarahan mengenai DEMA-F disampaikan oleh Presiden DEMA, Ikhwan Lutfi. Selanjutnya, mahasiswa baru diarahkan berkeliling Fakultas untuk melihat stand perkenalan dan promosi organisasi, departemen dan LSO yang sebelumnya telah disiapkan oleh panitia.

Tak hanya berhenti disitu saja, panitia ternyata juga telah menyiapkan reward (red.hadiah) kepada mahasiswa yang memiliki kemampuan khusus, baik yang positif ataupun negatif dengan beberapa kategori terntentu, yaitu mahasiswa terfavorit, tergokil, terdatar, teraktif, the best creator scrap book, the best creator of tote bag, the best testimony, the best group, the most cohesive, dan the most cheerful.

Di penghujung acara terasa semakin meriah dengan penampilan masing-masing kelompok mahasiswa baru. Sindrom Musica, yang merupakan grup musik getolan Fakultas Psikologi pun turut menghibur. Acara secara langsung ditutup oleh Moh. Mahpur, M.Si selaku Wakil Dekan III Fakultas. “Terus tingkatkan kualitas diri, karena nantinya UIN akan menuju sebagai kampus World Class University,” pungkasnya. Setelah penutupan, agenda tersebut berakhir dengan pelepasan ikan mas di depan Rektorat UIN Maliki Malang.(Editor: Queen)

Reportase: Selly

>>Langgan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: