OPAK Maba Fakultas Psikologi 2014 Tampilkan Konsep Humanis

Opak Psikologi 2014

PsychoNews – Bila mendengar istilah orientasi, tidak jarang dari sebagian mahasiswa baru yang takut akan memperoleh bentakan, makian dan bahkan hukuman dari para panitianya. Budaya inilah yang akan dihapus dari bayangan mahasiswa baru yang mengikuti OPAK di Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Mengusung tema “The Best Way to Reach our Dream is Psychology” mengajak kepada seluruh mahasiswa baru untuk memantapkan niat mewujudkan mimpi-mimpinya dengan memahami psikologi seutuhnya.

Orientasi pengenalan akademik tingkat Fakultas ini akan berlansung selama tiga hari (21-23/08). Mengingat padatnya agenda yang akan dilakasanakan, Ikhwan ketua DEMA-F pada sambutannya menuturkan “ikuti semua kegiatan yang telah lama disiapkan oleh panitia, kami yakin pengalaman ini tidak akan pernah dilupakan sampai akhir hayat teman-teman Maba, apalagi semangat teman-teman sudah nampak jelas ketika memilih singgah di fakultas psikologi dengan menyisihkan ribuan peserta lain”. Tegas Ikhwan mahasiswa asal Sulawesi itu.

Seruan lain juga dilontarkan oleh Dekan Fakulltas Psikologi yang memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang disela-sela pembukaan acara. Penggalan kata yang disampaikan mengajak kepada seluruh mahasiswa baru agar lebih aktif mengikuti beberapa kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang akan menjadi tonggak kesuksesan mahasiswa. OPAK yang diselenggarakan pada dasarnya adalah untuk mengenalkan tentang kehidupan dan budaya akademik, bilamana ada hukuman atau semacam ancaman lainnya juga harus disetting secara psikologis bukan secara fisik atau malah merendahkan harga diri sang mahasiswa.

Konsep OPAK Fakultas Psikologi yang di setting panitia mengarahkan agar mahasiswa baru memahami dengan benar kehidupan akademik. Hukuman yang diberikan juga tidak bersifat fisik, akan tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan mental akademik sebagai mahasiswa psikologi yang memahami perilakunya sendiri dan orang lain. Kemudian, di sela-sela materi panitia juga menghadirkan narasumber Brilliant Yotenega salah satu founder (nulisbuku.com) yang memiliki segudang kreativitas dalam hal tulis-menulis dan menerbitkan buku. Tidak hanya itu, untuk melengkapi pemahaman calon sarjana psikologi UIN Maliki Malang yang dituntun harus kaya dengan budaya menulis, panitia juga mendatangkan Zuhairi Misrawi salah satu penulis aktif dan intelektual muda yang bukunya telah banyak dirujuk oleh akademisi luar negeri. (Red.Ms)

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan