Psikologi UIN Garap Mitigasi dan Rekonstruksi Psikologis melalui Festival Media Anak

IMG-20140721-WA0006PsychoNews – Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pandansari Kecamatan ngantang Kabupaten malang mengadakan kegiatan Festival media Anak. Kegiatan yang dilaksanakn pada Minggu (20/7) ini merupakan agenda Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dengan tema “Melihat, mendengar, dan Merasakan Suara Anak”.

“ini adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk membuka semua pihak bahwa suara anak patut untuk diperhatikan dan didengarkan” ungkap Ikhwan selaku Koordinator Laskar lereng Kelud (LLK). Dalam kegiatan ini beberapa hasil karya anak di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang dipamerkan, diantaranya adalah Jam Kegaiatan Anak, pohon cita-cita, dan Body Mapping, selain itu anak-anak juga unjuk kebolehan dalam seni paduan suara Hak anak, drama teaterical dan music percusi.

Ada hal yang berbeda dalam Festival Media Anak ini, seperti pada kegiatan mitigasi dan rekonstruksi psikologis yang dikemas dalam sebauh drama. Drama yang di setting oleh tim seolah-olah anak memberikan penyadaran kepada semua pihak tentang pentingnya kesadaran akan bahaya dan ancaman gunung kelud. Anak-anak memberikan gambaran peta rawan bencana dan simulasi tentang pentingnya kotak keselamatan untuk melindungi hak hidup mereka.

Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas Psikologi UIN Maliki malang, pemerhati anak, KNPI, Komisi perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Malang dan Masyarakat Sekitar. “Kegiatan ini merupakan awal darisebauh proses untuk Kita semua untuk memperhatikan Hak Anak, melihat, mendengar dan merasakan suara Anak” tutup M. Anwar Fu’ady selaku Dosen Pembina tim PKL Psikologi UIN Maliki Malang.

Kontributor: LLK Psikologi UIN Maliki

Baca Juga:

ubduh berita button

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan