dr. Gamal Berikan Kuliah Psikologi Inspiratif Melalui Asuransi

Dokter Gamal Berikan Kuliah Psikologi InspiratifPsychoNews – Fakultas Psikologi mendatangkan seorang tokoh inspiratif yang tidak hanya dikenal di Indonesia, bahkan juga di mata internasional. Dialah dr. gamal Albinsaid, seorang inisiator Klinik Asuransi Sampah. Beliau datang ke Fakultas Psikologi UIN Malang dalam rangka menjadi narasumber kuliah tamu Psikologi Inspirasi bertema “Psychology, Health Paradigm, and Sustainbility” (9/6). Agenda yang digelar di Hall Megawati Fakultas Psikologi lantai I ini merupakan ide dari Akhmad Mukhlis, MA yang merupakan dosen pengampu matakuliah Psikologi Klinis bagi mahasiswa semester IV. Beliau memberikan tugas Ujian Akhir Semester (UAS) bagi mahasiswanya untuk membuat rancangan program prevensi. Prevensi adalah usaha mencegah suatu hal. Mukhlis ingin menunjukkan bahwa prevensi dapat dilakukan secara makro, contoh nyatanya adalah yang dilakukan dr. Gamal ini.

Sebagai seorang yang inspiratif, dr. Gamal telah membuat program prevensi di bidang kesehatan. Sebenarnya Klinik Asuransi Sampah ini adalah salah satu program dari perusahaan yang dimilikinya. Selain program itu, ia memiliki program bagi ibu hamil dan ibu baru melahirkan agar terhindar dari Sindrom Baby Blues. Merupakan suatu kondisi dimana muncul perasaan gundah gulana atau adanya perasaan sedih yang di alamai oleh para ibu pasca melahirkan.

Bagi dokter muda ini, sebagai manusia kita harus berusaha mencapai impian kita. Namun, jika sudah berkali-kali mencoba dan berkali-kali gagal, kita harus instropeksi diri apakah bidang tersebut merupakan bakat kita ataukah bukan. “Lakukan pekerjaan yang menjadi hobi kamu. Bagi saya, hobi adalah sesuatu yang dengan ikhlas kita lakukan tanpa dibayar, bahkan terkadang kita malah harus membayar untuk melakukannya. Bayangkan, jika kita melakukan hobi dan dibayar!” kata lelaki asal Malang ini. Ia menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Khairunnisa yang meninggal dunia karena penyakit diare yang dideritanya tidak bisa ditangani oleh dokter secara maksimal karena faktor dana. Oleh sebab itu, dr. Gamal berpikir tentang sesuatu yang dapat dilakukan untuk memudahkan rakyat miskin untuk berobat menjaga kesehatannya. Akhirnya, ia pun melahirkan program ini. Dengan adanya program ini, terlihat bahwa ia telah menyelesaikan dua masalah utama di Indonesia, yakni masalah kebersihan dan kesehatan. Pelaksanaan program ini sangatlah mudah bagi rakyat, mereka hanya harus menyerahkan (mengasuransikan.red) sampahnya kepada klinik ini, lalu mereka mendapat jaminan berobat gratis di klinik ini.

Sangatlah jelas terlihat perilaku prososial yang dilakukan oleh dr. Gamal. Bentuk kepeduliannya yang mendalam membuat rakyat lebih mudah dalam memeriksakan kesehatannya tanpa takut mengenai biayanya lagi. Banyak reward yang telah diterimanya karena program ini. Ia telah diundang menjadi bintang tamu dalam berbagai talk show di stasiun TV, salah satunya adalah Hitam Putih Trans 7. Selain itu, bentuk penghargaan kehormatan yang didapatnya adalah ketika ia merai HRH The Prince of Wales Young Sustainbility Enterpreneurship 2014 yang diberikan langsung oleh Pangeran William. (Red.Qr)

Reportase: Sofia Musyarrafah

Baca Juga:

ubduh berita button

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan