Open House DEMA-F Psikologi, Semangat untuk Spirit Perubahan

Open House DEMA Psikologi UIN MalangFPsi UIN Maliki Malang – Meriah dan spektakuler, kedua kata inilah yang mewakili ajang open house di Fakultas Psikologi beberapa waktu lalu. Mahasiswa yang tergabung dalam DEMA-F Psikologi UIN Maliki Malang menggelar Open House yang dilaksanakan di Gedung Megawati (22/14) pukul 08.30-12.30 WIB. Ikhwan Lutfi selaku penanggung jawab acara menyebutkan, Fakultas Psikologi memiliki lima unit, yakni Unit Laboratorium Psikologi, Unit Kajian dan Penelitian Keislaman, Unit Psikologi Terapan, Unit Konseling, dan Unit Psikologi Pendidikan. “Dalam kegiatan ini, DEMA bekerjasama dengan beberapa unit yang ada di fakultas, yakni Unit Laboratorium Psikologi dan Unit Laboratorium Konseling,” katanya.

Para pengurus DEMA-F membuka stan mereka perdivisi dan menjelaskan program kerja selama satu periode kepada pengunjung yang datang di lantai 1. Tiap divisi membuat stan mereka menjadi menarik, salah satunya divisi Kementerian Seni dan Budaya yang menyediakan live music, yakni musik karaoke bagi para pengunjung atau pengurus DEMA-F yang ingin menyanyikan lagu-lagu daerah.

Sedangkan di lantai 2, terdapat pameran alat Tes Psikologi yang dipersembahkan oleh Laboratorium Psikologi. Banyak alat Tes Psikologi yang dipamerkan, baik yang dipelajari dalam matakuliah maupun tidak. Beberapa alat tes yang dipamerkan adalah alat tes WAIS, WISC, TAT, Rorschach, dan beberapa alat tes eksperimen. Selain pameran alat Tes Psikologi, juga terdapat stand Kementerian Olahraga dan LSO Tahfidz AL-Quran di lantai 2. Stand Kementerian Olahraga dipenuhi dengan alat-alat olahraga dari berbagai cabang olahraga yang terdapat di kementerian ini, yakni futsal, voli, tenis meja, bulu tangkis, dan basket.

Ikhwan mengatakan bahwa tujuan diadakannya agenda ini adalah untuk memperkenalkan DEMA-F Psikologi kepada seluruh pengunjung, khususnya warga Fakultas Psikologi sendiri. “Selain itu, untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei lalu, Open House ini juga mencerminkan adanya semangat perubahan bagi fakultas ini,” ujar ketua DEMA-F Psikologi ini.

Kemeriahan yang berlangsung selama sekitar empat jam tersebut tidak hanya dapat dinikmati oleh warga Fakultas Psikologi saja, pengunjung yang datang juga berasal dari luar Fakultas Psikologi. Seluruh stand dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menikmati “suguhan” fakultas ini. Terlihat wajah keseriusan dari pengunjung ketika mendengarkan penjelasan dari kegunaan alat-alat Tes Psikologi. Wajah keceriaan pun terlihat dari pengunjung yang menikmati musik-musik yang diputar di lantai 1.

Semua pengurus DEMA-F bekerja semaksimal mungkin dalam terselenggaranya acara tersebut. Ikhwan merasa senang atas partisipasi dari semua pihak. “Alhamdulillah, teman-teman masih mau membangun spirit perubahan ini. Semoga spirit ini jangan berkurang dan agar teman-teman tidak sungkan untuk belajar bareng-bareng menuju perubahan, perubahan ke arah yang lebih baik tentunya,” tutup mahasiswa asal Makasar ini.

Program kerja yang direncanakan oleh kementerian-kementerian dan LSO di DEMA-F Psikologi akan melibatkan partisipasi seluruh warga Fakultas Psikologi, tak terkecuali mahasiswa non-DEMA-F. Dengan adanya pemberdayaan yang dilakukan oleh DEMA-F Psikologi kepada seluruh warga ini, maka akan terwujud mobilitas ke arah yang lebih baik bagi Fakultas Psikologi dan juga UIN Maliki Malang.(Red.qr)

Reportase: Sofia Musyarrafah & Aisyatul Fitriyah

Baca Juga:

ubduh berita button

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan