SEMA dan DEMA F Harus Miliki Inisiatif dan Program Kerja yang Rasional

Capacity Building Psikologi Bhakti Alam 2014FPsi UIN Maliki Malang – Sesuai dengan agenda Pra-Capacity Building, Fakultas Psikologi minggu lalu (1-3/3) melanjutkan pemantapan kegiatan untuk memberikan pembekalan kepada Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F). Agenda kali ini dilaksanakan di Bhakti Alam, Tutur Kab.Pasuruan. Pelatihan Capacity Building dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Moh. Mahpur, M.Si yang berharap pelatihan bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas pengurus omik dilingkungan Fakultas Psikologi. “Orang yang terpilih harus mampu memiliki inisiatif untuk merancang dan melakukan program yan inspiratif guna mewadahi pengembangan kemampuan mahasiswa Psikologi,” sebut pria berusia 38 tahun itu.

Public Relationship Management dari Jawa Pos M. Usman Syahadat turut mengisi materi untuk meningkatkan Penjualan Produk Baik Barang Maupun Jasa yang sasarannya untuk meningkatkan daya jual organisasi. Dikatakan lebih lanjut bahwa “seorang pemimpin harus memiliki 5 smart, antara lain: 1). Smart spiritual, 2). Smart intelekual, 3). Smart emosional (sifat dan sikap), 4). Smart financial, 5). Smart sosial diikuti usaha, berdoa, istiqomah dan tawadhu” ujarnya. Selain itu, materi Event Organizer di sampaikan oleh Bapak Totok Budi H. selaku pimpinan tim creative EO yang telah terbiasa menangani event nasional juga turut berbagi pengalaman dan intriks dalam menyelenggarakan event dari mulai menggaet sponsor skala lokal maupun nasional. Para pengurus OMIK juga menerima pemaparan tentang Pedoman Penyelenggara Tertib Administrasi yang diisi oleh Ketua SEMA F Dwi Chandra Pranata dan Naila Kamaliya selaku Bidang Keorganisasian di SEMA F. Harapannya melalui kolaborasi berbagai materi yang diberikan pengurus OMIK Fakultas Psikologi mampu meningkatkan kapasitasnya dalam mengaplikasikan kemampuannya selama berorganisasi.

Agenda dalam pelatihan juga dijadwalkan untuk pemaparan program kerja kepengurusan DEMA-F mulai dari Badan Pengurus Harian (BPH). LSO Peer Conseling, LSO Tahfidzul Qur’an, LSO Jurnalistik, LSO Out bound, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Pendidikan, Kementrian Seni dan Kebudayaan, dan Kementrian Olahraga. Dalam pemaparan ini juga disaksikan secara langsung oleh petinggi Fakultas dan beberapa dosen yang berkecimpung dalam bidang keorganisasian untuk memberikan feedback mengenai program kerja yang dipaparkan.

Setelah selesai pemaparan di lanjutkan oleh penampilan Stand-up Comedy oleh beberapa Dosen yang sangat mengapresiasi serta memberikan semangat dan membuat forum menjadi lebih hidup karena leluconnya serta syarat nilai itu. Acara ditutup dengan pelantikan pengurus DEMA-F Psikologi oleh Ketua SEMA F dan Dekan Fakultas Psikologi. Dalam sambutanya Dekan berharap agar tahun 2014 ini merupakan tahun emas yang membawa Fakultas Psikologi kepuncak kejayaan. “manusia yang berpotensi dan mampu mengembangkan suatu pemikiran luar biasa maka akan berhasil dan maju, dan seorang pemimpin adalah seorang yang menginspirasi dan membawa Fakultas Psikologi menjadi berkembang seiring dengan harapan UIN Maliki yang bergegas menggapai World Class University.” Ujarnya.(Red. ms/dcp)

Reportase: Selly Chandra Ayu

Baca Juga:

ubduh berita button

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan