Hibah Kompetisi Penelitian dan Pengabdian Dosen Psikologi 2014

Latar Belakang Program

Badan Kesehatan dunia (WHO) telah merilis bahwa prediksi bahwa problem kesehatan mental akan mengalami peningkatan pesat di tahun 2020. Prediksi ini tidak berlebihan, mengingat banyak gaya hidup yang cepat berubah sehingga menuntut masyarakat menyesuaikan perubahana tersebut dengan cepat. Selain itu banyak pertistiwa yang menggoncang bagi masyarakat, seperti konflik dan bencana.Efek peristiwa dan perubahan kehidupan ini bisa terjadi pada berbagai kontek kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun komunal.  Mengingat hal tersebut akademisi psikologi seharusnya terpanggil berkonstribusi dalam mengatasi atau paling tidak mengurangi dampak buruk dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Pendekatan yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut diatas membuat   Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang tergugah untuk mencari formula solusi berbagai permasalahan melalui program tri darma perguruan tinggi, khususnya penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 20 dengan tegas menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di samping melaksanakan pendidikan. Selain itu guna mendukung 9 program universitas terutama peningkatan kualitas penelitian, semakin menguatkan keharusan dosen untuk melakukan penelitian dalam ranah keilmuannya. Untuk dapat menyelenggarakan kewajiban penelitian tersebut perguruan tinggi dituntut untuk memiliki dosen yang kompeten serta mampu menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, mendesiminasikan hasil penelitian dan pada akhirnya menghasilkan berbagai proses dan produk teknologi, seni, dan budaya yang berujung antara lain pada Hak Kekayaan Intelektual dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian harus dilakukan secara profesional dengan prinsip-prinsip akuntabel, transparan, dan mengacu kepada sistem penjaminan mutu penelitian.

Penelitian adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dan strategis bagi pengembangan berbagai aspek kehidupan, karena itu kegiatan penelitian dapat dijadikan sebagai sarana efektif dalam memfasilitasi dan memberdayakan dosen untuk melakukan penelitian inovatif berupa pengembangan teori-teori psikologi dan keislaman sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing dosen. Program penelitian ini merupakan salah satu wujud perpaduan unsur pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bingkai Tri Dharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen sebagai civitas akademika.

Berdasarkan pemikiran tersebut, fakultas Psikologi Universitas islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, memberi kesempatan kepada dosen untuk memperoleh bantuan dana penelitian dan pengabdian masyarakat  melalui Program kompetisi hibah Penelitian dan pengabdian masyarakat  Dosen tahun 2014.

Tema:

“Improving Mental Health Base on Community Empowerment”

Waktu Kegiatan Program Hibah Penelitian dan Pengabdian

No

Kegiatan

Waktu

1. Pengumpulan Proposal 5-15 April 2014
2 Penilaian 16-23 April 2014
3. Pengumuman 25 April 2014
4. Pelaksanaan 26 april- 19 september 2014
5. Seminar hasil 22-24 September 2014
6 Penyerahan laporan 21 Oktober 2014

Untuk informasi lengkap tentang syarat pengajuan, prosedur dan panduan program hibah penelitian dan pengabdian dosen Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, selengkapnya Bapak/Ibu dosen silahkan unduh beberapa berkas yang dibutuhkan dibawah ini:

berkas 1

berkas 2

online register

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan