Aplikasi Psikologi Kemunikasi Melalui Cara Komunikasi Efektif

 Liputan Terkini

Psikologi KomunikasiFPsi UIN Maliki Malang – Pembekalan soft skill bagi para mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang kembali diadakan. Mengambil tempat di Laboratorium Khusus lantai tiga Fakultas Psikologi, kemarin sore (28/03) Seminar Komunikasi Efektif sukses terselenggara berkat kerja sama LSO Outbound Mega Putih, selaku pihak yang diberi tanggung jawab oleh pihak fakultas, dengan salah satu lembaga motivasi dan pelatihan profesional, Surplus. Seminar ini dilatar belakangi oleh kesadaran bahwa berkomunikasi adalah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Andre Septian, selaku pemateri, memarkan beberapa fakta yang pentingnya berkomunikasi secara efektif, salah satunya agar tidak terjadinya sebuah kesalahpahaman dalam berkomunikasi. “Beberapa kasus konflik sering kali terjadi akibat salah mengartikan makna dari komunikator ke komunikan,” Ujar pria asal Kabupaten Kediri tersebut.

Selain penyadaran pentingnya komunikasi efektif, peserta seminar juga diberikan cara praktis dalam pengaplikasiannya saat berada di hadapan publik oleh Anwar Fuadi. Ia memberikan contoh seperti apa yang sering dilakukannya. “Ketika memasuki kelas, saya sudah praktekkan bagaimana caranya agar tahu bagaimana memulai kuliah, biasanya saya menatap satu persatu mahasiswa dalam kelas tersebut,” imbuhnya. Menurut salah seorang dosen Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang ini, menatap mata merupakan salah satu cara bagaimana kita mampu mengusai sebuah forum.

Di akhir acara, Andre Surplus (sapaan Andre Septian) mengaku cukup puas karena peserta sangat aktif, interaktif, dan terlihat sangat nyaman. Ia berharap Surplus dapat kembali bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, “saya harap kedepannya silaturrahmi dapat di jaga dengan baik serta bertemu di waktu lain,” tambahnya. Seolah menanggapi hal tersebut, Fadlur Rahman selaku ketua panitia juga berharap acara ini kembali dapat diadakan dengan lebih semarak, “kedepannya kami berupaya akan membuat lebih besar lagi acara ini,” ujarnya singkat ketika dihubungi redaksi PsychoNews. (dcp)

Reporter : Muhammad Saiful Haq

Baca Juga:

ubduh berita button

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: