Studium Generale “Manusia Modern Perspektif Al-Qur’an dan Psikologi”

studium Generale revisi tempat

Press Release

Event FPsi UIN Maliki Malang – Empat aliran psikologi yang ada yaitu psikoanalisa, behaviorisme, humanistik, dan transpersonal masing-masing memandang manusia dari sudut yang berbeda dan mengungkapkan aspek tertentu yang dipandang paling penting dalam manusia. Hal ini bisa kita lihat sebagai sebuah temuan psikologi sekular yang jelas tidak merujuk pada sumber ajaran islam (Al-Qur’an dan Al-Hadits). Psikoanalisa mencoba menyelami dunia dalam (inner world) manusia, menemukan suatu dimensi kejiwaan berupa alam bawah sadar (unconscious). Alam tak sadar berisi dorongan-dorongan dan insting-insting primitif dan berbagai pengalaman memaksa seseorang untuk mengolah system kejiwaannya secara dahsyat, dinamis, liar, kejam, dan terus-menerus dalam keadaan konflik kejiwaan. Sehingga dapat di mengerti bahwa hakikat dan citra manusia dalam pandangan Psikoanalisa adalah buruk, liar, kejam, non-etis, dan cenderung hedonistik, sebab dorongan paling dominan di alam bawah sadar adalah dorongan-dorongan agresif dan nafsu seks. Kekeliruan terbesar Frued dalam kacamata al-Qur’an adalah keyakinan bahwa Id manusia hanya berisi dan dikuasai nafsu-nafsu rendah. al-Qur’an dengan tegas menyatakan bahwa manusia adalah makluk yang pada dasarnya memiliki kwalitas yang suci, bersih, dan indah. Atau dengan kata lain,manusia pada pandangan al-Qur’an adalah suci dan beriman, adapun kecerendungan jahat adalah akibat dari keluarnya manusia dari kefitrahannya sebagai makhluk yang suci dan beriman.

Behaviorisme yang banyak memberikan sumbangan pada penemuan asas-asas belajar yang mampu mengubah tingkah laku, memiliki kekeliruan yang cukup mendasar bahwa manusia adalah makhluk yang netral dan tidak memiliki standar tertentu dalam mengambil keputusan. Mungkin sisi yang positif dan bisa dikatakan sejalan dengan ajaran islam adalah rekomendasinya mengenai sistem pendidikan dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang. Bahkan derajat kekhalifahaan manusia jelas-jelas berhubungan kecakapan dan kemampuan ilmiah seseorang. Potensi-potensi tersebut hadir dalam organ-organ fisio-psikis manusia yang berfungsi sebagai alat-alat penting untuk melakukan kegiatan–kegiatan belajar.

Dalam beberapa hal, asas-asas psikologi Humanistik memiliki banyak kemiripan dengan pandangan Al-Qur’an menganai manusia. Citra manusia sebagai makhluk yang memiliki kesatuan jiwa dan raga (psiko-fisik) serupa dengan pandangan islam mengenai manusia yang secara fitrah suci dan beriman serta memiliki ruh disamping mamiliki raga. Demikian pula temuan- temuan psikologi transpersonal yang menunjukan adanya dimensi “ruhani” yang mengandung daya luar biasa dalam batas-batas tertentu dan dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena religiusitas manusia yang sejauh ini masih sulit dijelaskan secara ilmiah.

Di era modern ini banyak isu-isu psikologi yang terjadi di masyarakat, tidak hanya dari 4 aliran tersebut, namun sudah meluas pada ranah-ranah yang lain. Pada kesempatan ini Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang akan mengulas sejatinya “Manusia Modern”. Al Qur’an merupakan sumber pengetahuan umat Islam yang dipandang memiliki muatan psikologi yang mengulas sejarah dan masa depan manusia. Manusia modern menjadi bahasan yang unik untuk dikaji menurut perspektif al Qur’an dan Psikologi. Mengingat kita hidup di zaman modern dengan segala kemudahan sistem informasi dan teknologi, mampukah kita memanfaatkan serta mengimbangi perkembangan trend tersebut? Demikian sekilas isu-isu yang akan dibahas dalam kegiatan Studium Generale dengan tema “Manusia Modern Perspektif Al Qur’an & Psikologi”.

Waktu & Tempat :

  • Senin, 24 Maret 2014
  • Pukul    : 08.00 – 12.30
  • Tempat  : Gedung Home Teater Lantai III Humaniora UIN Maliki Malang

Informasi lain:

  • Disediakan sertifikat kegiatan, bagi mahasiswa yang ingin memesan.
  • Pengumuman ini sekaligus menjadi undangan bagi seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Jam perkuliahan akan dialihkan untuk mengikuti kegiatan ini. Terima kasih

 

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan