Category Archives: Rilis Berita

SEMARAK PBAK 2019 “Fully Functioning Person with Psychology”

Mengenal Manusia Seutuhnya di Awal PBAK Fakultas Psikologi 2019

               

Menjadi manusia yang sempurna tentu harus dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya dengan menjadi manusia seutuhnya. Pada hari rabu, tanggal 14 Agustus 2019 telah dilaksanakan kegiatan PBAK Fakultas Psikologi 2019 yang mengusung tema “Fully Functioning Person with Psychology” . Kepala Dekan Fakultas Psikologi menyampaikan dalam sambutan nya bahwa “ Fully functioning person with psychology adalah memberi tanpa berharap dan melakukan sesuatu tanpa mengharap imbalan”. Artinya, sebagai manusia kita harus loyalitas kepada sesama, tidak boleh meminta imbalan atas kebaikan yang kita lakukan. Sambutan beliau memberikan antusiasme mahasiswa baru untuk menyimak.

” Tema ini di angkat karena Psikologi UIN MALANG berdasar pada integrasi yang sangat berkaitan erat dengan ilmu agama. Pada diskusi kami kemarin juga membahas bahwa orang yang baik adalah orang yang menjadi insan kamil, yang kemudian kami kaji ke dalam psikologi yaitu fully functioning person. Jelas bahwa manusia itu harus mempunyai karakter sebagai mahkluk yang berada dalam koridor-koridor agama.” tutur Bu Fuji Astutik, M.Si selaku ketua Panitia PBAK Fakultas Psikologi 2019.

Beliau juga berharap dengan dilaksanakan nya PBAK 2019 ini, para mahasiswa dapat mengenal bagaimana cara untuk memanusiakan manusia dengan baik dan ke depannya mereka dapat  menjadi manusia seutuhnya melalui psikologi dan agama.

Fakultas Psikologi Sukses Menggelar Acara Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Acara “PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI TEKNIK NLP (NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING)”

PSYNEWS –  Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dan meyemarakkan dies natalis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara pada kamis (05/09). Acara tersebut bertempat di Aula Gd. Soekarno Lt V yang dibuka oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Siti Mahmudah, M.Si. Adapun pembicara dalam acara tersebut adalah seorang trainer yang sudah tersertifikasi di bidangnya,  yaitu A. Hamam Rosidi, S.Pd., M.A. Sementara acara itu juga dihadiri oleh sekitar 240 mahasiswa semester 7, beberapa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Tema yang diusung untuk acara ini adalah “Peningkatan Motivasi Berprestasi Melalui Teknik NLP (Neuro Linguistik Programming)”. Tema tersebut diambil dengan tujuan agar memperkaya wawasan para mahasiswa tentang psikologi terapan dan memahami salah satu teknik terapi yaitu NLP. “Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang psikologi terapan. Selain itu, ini juga menjadi bekal mahasiswa menjelang kelulusan pada semester 8. Sehingga keilmuan mejadi selalu update sesuai dengan perkembangan zaman”. Ujar bapak Muhammad Jamaluddin, M.Si. selaku salah satu Pemateri dan Ketua Jurusan Psikologi.

Acara yang berlangsung dari jam 12.00 sampai 16.30 ini berjalan dengan lancar. Setelah penjabaran mengenai teori NLP, kemudian seluruh peserta diajak untuk mempraktikkan teknik NLP ini secara bersama. Pada saat sesi praktik teknik NLP, Trainer memberikan semangat kepada teman-teman mahasiswa dengan memimpin “Sekarang tengan kanan letakkan pada dada, pejamkan mata, dan katakan dengan lantang besama. Mulai dari sekarang kita akan lebih optimis, lebih beryukur, lebih semangat, lebih bahagia”. Di akhir kegiatan, panitia meminta testimoni dari peserta dan ia menyampaikan kesan positif terhadap kegiatan ini, diantaranya seperti yang disampaikan oleh Ica (mahasiswa semester 7) yang merasa senang karena bisa mendapat semangat dan pemahaman baru tentang teknik NLP sebagai salah satu teknik terapi.

 

 

Reporter : Novia Solichah, M.Psi

Editor : Muhammad Jamaluddin, M.Si

Yudisium Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

PSYNEWS – Yudisium Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara Yudisium Mahasiswa Program Sarjana (S-1) periode 1 di semester genap tahun akademik 2018/2019 di ruang Pyschomovie pada 13 Mei 2019. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 12.00.

Pada yudisium kali ini, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meluluskan sebanyak 75 peserta yudisium. Dari 75 peserta yudisium tersebut terdapat 3 peserta yudisium terbaik (cumlaud) pada semester genap tahun akademik 2018/2019. 3 peserta tersebut antara lain: 1) Anggi Citra Alfiroh dengan IPK 3.87, 2) M. Sulaiman Zuhdi dengan IPK 3.77, 3) Lilin Khoiriyah dengan IPK 3.74.

Ketua Jurusan dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pada kegiatan ini turut berbangga dan berbahagia karena para peserta yudisium akan terjun dan berkiprah di masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Muhammad Jamaluddin, M.Si. (Ketua Jurusan Fakultas Psikologi) menyampaikan “jaga nama baik almamater dan terus kembangkan keilmuan, diantaranya dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi”. Pada acara tersebut, Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Siti Mahmudah, M.Si., juga memberikan pesan kepada para peserta “Jangan melupakan almamater dan tetap jaga komunikasi. Mari kita sama-sama bertukar informasi terkait pengembangan fakultas dan keilmuan psikologi”.

 

Reporter : Novia Solichah, M.Psi

Editor :  Muhammad Jamaluddin, M.Si.

STADIUM GENERAL BERSAMA GURU BESAR PSIKOLOGI INDUSTRI UGM YOGYAKARTA

PSYNEWS – Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kuliah tamu bagi mahasiswa semester 1 dan semester 7 dengan pembicara Prof. Dr. Djamaluddin Ancok, M.Si, Ph.D, guru besar Psikologi Industri UGM Yogyakarta. Kuliah tamu dengan tema “Meraih Sukses Melalui Keilmuan Psikologi” diselenggarakan pada Senin (17/09) di Aula Gd. Soekarno Lt V yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Siti Mahmudah, M.Si, para dosen dan juga para staff.

Dalam orasinya, Prof. Djamaluddin menyampaikan bahwa tantangan di masa depan sangatlah beragam. Perubahan teknologi yang sangat cepat, seperti banyaknya produk yang berubah menjadi digital (perdagangan online) sehingga mengakibatkan semua produk kehilangan wadah fisik (bit money).

“Dunia berubah, kita harus siap. Kita keliru bila kita beranggapan bahwa masa depan adalah kelanjutan dari masa lalu. Kalau merasa diri kita hebat, kita akan binasa. Sukses di masa lalu tidak menjamin sukses di masa depan”, ujar pria kelahiran Bangka, 18 Agustus 1946 ini. Merupakan penggalan kata motivasi bagi para mahasiswa yang hadir, bahwa sebagai generasi milenial harus siap menghadapi berbagai macam tantangan ke depannya, terutama tantangan pesatnya kemajuan teknologi, serta tantangan global.

Prof. Ancok juga mengungkapkan bahwa mental bangsa Indonesia saat ini masih mengesampingkan kemampuan diri sendiri. Hal ini yang seringkali membuat kecilnya rasa percaya diri untuk bersaing dengan pihak asing. “Jangan pernah minder menjadi bangsa Indonesia, karena kita adalah keturunan nenek moyang yang cerdas dan hebat. Mulai dari bangunan candi borobudur, candi prambanan yang arsitekturnya begitu apik yang tidak dimiliki oleh negara lain, kapal Phinisi Nusantara, serta situs gunung padang adalah bukti kekuatan nenek moyang” jelas Prof. Ancok.

 

Reporter : Vina Anjarsari

Editor     : Yuni Hadziqoh

ILMPI Goes to Campus

PSYNEWS – Pengurus ILMPI bagian V berkunjung ke kampus Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal (06/09/18). Kegiatan bertempat di Psychomovie Fakultas Psikologi dengan pemateri Gabrila Gloria Stefani, Mahasiswa Universitas Brawijaya yang menjabat sebagai Koordinator Bidang Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan Wilayah. Adanya agenda Goes to Campus yang dilaksanakan oleh ILMPI ini bertujuan untuk memperkenalkan lembaga tersebut kepada mahasiswa baru maupun mahasiswa lama psikologi.

ILMPI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) merupakan organisasi kemahasiswaan psikologi tingkat nasional yang menghimpun mahasiswa psikologi seluruh Indonesia yang diwakili oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) . ILMPI lahir pada tanggal 26 Januari 2011 dan mengadakan kunjungan pertamanya di UIN Syarif Hidayatullah. ILMPI dibagi menjadi 7 wilayah, dan Malang termasuk  wilayah bagian V (Jawa Timur, Bali & Nusa Tenggara) . Anggotanya terdiri dari para mahasiswa  psikologi di seluruh Indonesia yang telah direkomendasikan oleh lembaga masing-masing wilayah. ILMPI mempunyai agenda kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anggotanya maupun masyarakat di Indonesia. Salah satu agenda yang diadakan oleh ILMPI bernama Goes to Campus.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mengupas tentang sejarah berdirinya ILMPI, bagaimana sistem kepengurusannya, apa saja kegiatan yang diagendakan oleh ILMPI dan bagaimana prosedur menjadi anggota ILMPI. Syarat utama menjadi anggota ILMPI adalah mahasiswa psikologi yang lembaganya tergabung dalam ILMPI dan mendapat rekomendasi dari lembaga masing-masing. Ikut bergabung dalam ILMPI tidak menghambat kuliah mahasiswa. Lembaga ini, sangat bermanfaat bagi mahasiswa psikologi maupun masyarakat di Indonesia. Indonesia tersenyum dengan Psikologi, itulah motto dari ILMPI.

Reporter : Mauliatul Mukarromah

Editor     : Yuni Hadziqoh